Penerapan Normalisasi dan Implementasi ke Database SQL Server

Kali ini saya akan menerangkan tahap-tahap penerapan normalisasi hingga menjadi sebuah ERD pada SQL server. Sering kali mahasiswa bertanya "bagaimana awal mulanya pembuatan sistem informasi" salah satu cara terbaik awal pembuatan sistem informasi adalah menanyakan kebutuhan user / pengguna terhadap sebuah sistem yang akan dibangun, biasanya kebutuhan ini awalnya dari sebuah "MASALAH" yang harus dicarikan solusi.
Bermodalkan interview kepada pengguna kebutuhan apa yang harus dibuat, biasanya kita mencari informasi proses bisnis dari perusahaan tersebut, sehingga akhirnya kita mengetahui format manual sistem yang berjalan   contohnya disini BON PEMBELIAN.



1. Bentuk Normal Pertama (1NF)
dari manual bon pembelian diatas kita dapat menjadi bentuk normal pertama dengan memisah-misahkan data pada atribut-atribut yang tepat dan bernilai atomik, juga seluruh record / baris harus lengkap adanya.

2. Bentuk Normal Kedua (2NF).
Bentuk normal kedua dengan melakukan dekomposisi tabel diatas menjadi beberapa tabel dan mencari kunci primer dari tiap-tiap tabel tersebut dan atribut kunci haruslah unik.


3. Bentuk Normal Ketiga (3NF)
Bentuk normal ketiga mempunyai syarat, setiap relasi tidak mempunyai atribut yang bergantung transitif, harus bergantung penuh pada kunci utama dan harus memenuhi bentuk normal kedua (2 NF).

Implementasi ERD (entity relationship diagram) pada contoh diatas, bisa dituangkan kedalam database MS SQL Server 2005, seperti terlihat pada gambar beikut ini :

Record Fisik database :



http://deddyrusdiansyah.blogspot.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Solusi Blog Tidak Bisa Di Buka – Unusual Traffic Detected !

Cara Menggunakan Whatsapp di Komputer